Perbedaan
microsoft excel dan open office spreadsheet linux
Sudah tidak asing lagi bagi kita
dengan istilah “Microsoft Office dan Open Office”, software ini merupakan
sebuah perangkat lunak perkantoran yang dipakai untuk menulis, menginput,
menyimpan, megirim, menghitung , pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar
kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi
(presentation), pengolahan data, web editor, databes, dan formula editing.
Software yang
selama ini telah dikenal merupakan
Microsoft Office dan open office, atau bahkan mungkin pekerjaan yang
mengharuskan tiap hari berkutat dengan Microsoft Office Word, Excel dan
Powerpoint. tetapi Aplikasi Perkantoran Microsoft Office itu tidak gratis pada
dasarnya dan Software tersebut tidak murah harganya. Sedangkan yang pada
pembahasan mengenai OpenOffice itu sendiri.
OpenOffice adalah software atau aplikasi yang didapat dengan tidak
membayar atau gratis. Apakah anda sudah mengenalnya? Atau anda sudah
menggunakannya? Atau bahkan anda belum pernah mengetahuinya?
Ditempat saya berkerja semua komputer sudah menggunakan OpenOffice, kecuali bagian accounting, karena masih ada keraguan dari pengguna untuk rumus atau fungsi fungsi tertentu.
Ditempat saya berkerja semua komputer sudah menggunakan OpenOffice, kecuali bagian accounting, karena masih ada keraguan dari pengguna untuk rumus atau fungsi fungsi tertentu.
Secara implisit
yang bisa diringkas dalam perbedaan keduanya adalah :
Perbedaan ms. Office dengan open office
1. Open office diperoleh secara Gratis sedangkan ms. Office tidak.
2.Menu dan interface pada ms. Office berbeda peletakannya dengan
open office.
3. Penggunaan Mail merge pada open office jauh lebih fleksibel dan lebih mudah dibanding mail merge ms.office.
3. Penggunaan Mail merge pada open office jauh lebih fleksibel dan lebih mudah dibanding mail merge ms.office.
4. Open office dapat membuka ms. Office, sedangkan ms. Office
tidak.
5. Open office dapat menhasilkan file pdf, sedangkan ms. Office
harus menggunakan plugin.
6. Open office memerlukan spek komputer yang lumayan tinggi, sedangkan ms. Office tidak.
6. Open office memerlukan spek komputer yang lumayan tinggi, sedangkan ms. Office tidak.
Microsoft Office
Microsoft office merupakan sebuah perangkat lunak (software)
perkantoran yang berbasis windows dan yang didalamnya memuat fungsi pengolahan
kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar
(drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor,
databes, serta formula editing dan tidak dapat diperoleh secara gratis. Dilihat
dari masing – masing pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi dari ms.
Office dengan open office sama yaitu berfungsi sebagai software yang dapat
mengolah kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet),
pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan
data, web editor, databes, serta formula editing.
Produk Microsoft
Corporation ini sudah sekali kita yang selalu berhadapan dengan pekerjaan
kantor atau tugas sekolah atau kuliah. Bahkan kita sudah menganggap bahwa jika
kita ingin mengetik atau membuat laporan keuangan misalnya, pastilah harus
menggunakan Microsoft Office (Word dan Excel).
Microsoft office
(Word, Excel, PowerPoint, dll) adalah paket aplikasi perkantoran yang dibuat
Microsoft Corp. dan dikembangkan untuk dijalankan dibawah sistem operasi
Windows. Perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, sudah mengalami banyak
perubahan dan penambahan fasilitas, sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30
Agustus 1992. waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office
versi 3.0. pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word
sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft
PowerPoint sebagai aplikasi presentasi dan Microsoft Mail yang digunakan untuk
menerima dan mengirim email.
Setelah popular
dengan Microsoft Office 3.0. pada tahun 1995-an Microsoft Corp. Kembali
meluncurkan Microsoft Office 95 seiring dengan diluncurkannya sistem operasi
Microsoft Windows 3. 11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam
sejarah sistem operasi PC saat itu. Sejalan dengan perkembangan sistem operasi
Microsoft Windows, Microsoft Office terus berkembang menjadi salah satu
aplikasi perkantoran favorit dikalangan pengguna komputer di dunia, termasuk di
Indonesia. Dan bahkan mengalahkan aplikasi pesaingnya yaitu Lotus. Sebagai
catatan sebelumnya yang terkenal adalah Lotus. Tahun demi tahun Microsoft Corp.
terus meluncurkan versi – versi baru Microsoft Office yang masih tetap
digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi Microsoft
Office yang banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000,
Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003. seiring dengan pesatnya
kemajuan teknologi, Microsoft Corp. melahirkan generasi terbaru sistem
operasinya, yaitu Microsoft Windows Vista, disaat yang bersamaan Microsoft
Corp. kembali meluncurkan aplikasi perkantoran terbarunya yaitu Microsoft
Office 2007 yang saat ini sudah beredar dimasyarakat komputer dunia.
Beberapa program
yang terdapat dalam Microsoft Office adalah :
·
Microsoft Word
Microsoft Word
merupakan program aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang biasanya
digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat, membuat label
surat, membuat tabel pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen – dokumen lain
yang bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
·
Microsoft Excel
Microsoft Excel ,
yang disingkat Excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk
membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempersentasikan data dan
pekerjaan dalam bentuk kolom-kolom. Disini kita akan banyak bersinggungan
dengan metode – metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali
dalam penyusunan data – data perusahaan, hasil – hasil penelitian, maupun dalam
pembuatan makalah pribadi.
·
Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint
merupakan keluarga dari Microsoft Office. Bila kita menginstall Microsoft
Office secara lengkap, PowerPoint akan secara otomatis terinstall. PowerPoint
adalah aplikasi yang sangat powerfull untuk membuat suatu presentasi mulai dari
awal, atau menggunakan wizard yang telah disediakan.
Open Office.
Open office merupakan sebuah perangkat lunak (software)
perkantoran yang berbasis linux dan yang didalamnya memuat fungsi pengolahan
kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar
(drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor,
databes, serta formula editing dan yang dapat diperoleh secara gratis.
secara pengertian
OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang bersifat Open
Source, yang berarti kita bebas menggunakannya dengan tidak membayar sedikitpun
alias Gratis. Dan dapat didownload disini
Paket tersebut
termasuk komponen – komponen pengolah kata (word Processor), lembar kerja
(Spreadsheet), presentasi, ilutrasi vector, dan gudang data (Database).
OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office yang dapat
dijalankan dalam berbagai Platform, termasuk Windows, Solaris, Linux, dan Mac
OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pergantian data,
dan dapat digunakan tanpa biaya.OpenOffice.org dibuat berdasarkan code dari
Star Office, sebuah Office Suite yang dikembangkan oleh Star Division dan
diakusisi oleh Sun Microsistems pada Agustus 1999. Code asal dari suite ini
dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak
dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya
rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini
tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda : LGPL dan SISSI;
dari versi 2.0, dia hanya tersedia dibawah LGPL.
Proyek dan
perangkat lunak disebut sebagai “OpenOffice”, tetapi pengatur proyek melaporkan
bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain,
sehingga mengharuskan mereka mengambil “OpenOffice.org” sebagai nama resminya,
dan juga disingkat OOo.
Microsoft office
(Word, Excel, PowerPoint, dll) adalah paket aplikasi perkantoran yang dibuat
Microsoft Corp. dan dikembangkan untuk dijalankan dibawah sistem operasi
Windows.
Open Office memiliki kesamaan dengan Microsoft Office. Kesamaan disini
maksudnya adalah Open Office memiliki anak2 program yang fungsinya sama dengan
anak2 program Microsoft Office. Mau tahu apa saja anak2 program Open Office
yang memiliki kesamaan fungsi dengan Microsoft Office. Antara lain :
1) Microsoft Office punya Microsoft
Word, Open Office punya Open Office Writer.
Di Open Office Writer, Anda bisa menyelesaikan tugas pengetikan, tidak
kalah menariknya dengan Microsoft Word, karena Open Office Writer juga
menghadirkan fitur import gambar, tabel, header, footer, number page, chart dan
fitur lainnya yang sama dengan Microsoft Word. Dengan tampilan yang cool dan
fitur-fitur yang mudah untuk digunakan, dijamin Anda akan betah melakukan
pengetikan.
2) Microsoft Office punya Microsoft
Power Point, Open Office punya Open Office Impress
Tertarik atau sering berkerja dalam dunia persentasi? Open Office Impress
harus Anda coba. Impress mempunyai fitur yang menyerupai fitur Power Point
tetapi dengan interface yang lebih mudah digunakan. Dengan program ini, Anda
akan lebih terbantu dalam pembuatan animasi yang akan digunakan ketika Anda
berpresentasi.
3) Microsoft Office punya Microsoft
Access, Open Office punya Open Office Base
Perkerjaan mengelola basis data biasanya kita serahkan pada Access, sekarang
ada terobosan baru, bernama Open Office Base. Dengan OOB kita bisa membuat
basis data dengan mudah dan tampilannya yang user friendly, Fiturnya juga sama
dengan Access, terdapat Tables, Report, Query dan Form dengan fungsinya yang
bisa Anda tebak jika Anda terbiasa menggunakan Access. Selain itu jangan
khawatir mengenai perintah atau skripnya karena sama ketika Anda menggunakan
Access.
4) Microsoft Office punya Microsoft
Excel, Open Office punya Open Office Calc
Keuangan suatu perusahaan atau bisnis perlu dibuat laporannya, tidak hanya
keuangan, tetapi juga nilai raport siswa, absen karyawan, statistik kinerja
tim, semuanya memerlukan laporan. Dan program yang kita kenal mudah untuk
membuat laporan adalah Excel. Sekarang di Open Office, Anda akan menemukan
program bernama Open Office Calc, program pembuat laporan. Dengan Calc Anda
tidak terlalu dipusingkan cara pakainya jika Anda terbiasa menggunakan Excel,
selain itu juga terdapat kesamaan perintah atau skrip dalam penggunaannya.
Fungsi Control dan Alt pada Open Office
Fungsi CTRL pada keyboard
Ctrl + A = Fungsinya untuk memblok seluruh dokumen (All)
Ctrl + B = Fungsinya memberika efek tebal pada huruf (Bold)
Ctrl + C = Fungsinya untuk mengcopy document (Copy)
Ctrl + E = Fungsinya untuk mengetengahkan document
Ctrl + I = Fungsinya untuk memiringkan tulisan (Italic)
Ctrl + N = Fungsinya untuk membuka lembar baru (New)
Ctrl + O = Fungsinya untuk membuka document (Open)
Ctrl + P = Fungsinya untuk mencetak halaman (Print)
Ctrl + Q = Fungsinya untuk keluar secara cepat untuk Open Office (Quit)
Ctrl + R = Fungsinya untuk meratakan document sebelah kanan (Right)
Ctrl + S = Fungsinya untuk menyimpan document (Save)
Ctrl + U = Fungsinya untuk memberikan garis bawah pada kata (Open Office,
Word, dll) (Underline)
Ctrl + V = Fungsinya untuk menempelkan kata yang sudah di copy (Paste)
Ctrl + X = Fungsinya untuk memindahkan kata (Cut)
Ctrl + Y = Fungsinya untuk mengembalikan apa yang sudah di Undo (Redo)
Ctrl + Z = Fungsinya untuk mengembalikan ke keadaan seperti sebelumnya.
(Undo)
Fungsi Alt pada keyboard
Alt + F =
Fungsinya untuk membuka File
Alt + E =
Fungsinya untuk membuka Edit
Alt + V = Fungsinya untuk membuka View
Alt + I
= Fungsinya untuk membuka Insert
Alt + O =
Fungsinya untuk membuka Format
Alt + A = Fungsinya untuk membuka Table
Alt + T = Fungsinya untuk membuka Tools
Alt + W= Fungsinya untuk membuka windows
Alt + H = Fungsinya untuk membuka Help
Microsoft
PowerPoint
Microsoft PowerPoint biasanya hanya disebut
PowerPoint, adalah program presentasi
yang dikembangkan oleh Microsoft.Microsoft PowerPoint banyak
dimanfaatkan oleh akademisi untuk menyampaikan kegiatan pembelajaran. Pengguna Microsoft PowerPoint tidak terbatas
pada kalangan akademisi, melainkan juga kesuluruh profesi yang memerlukan media
presentasi. Berikut merupakan penjelasan dari menu yang terdapat dalam
Microsoft PowerPoint.
13.Digunakan untuk mengaktifkan menu Home. Menu
Home sendiri berisiaturan-aturan utama pada Microsoft PowerPoint 2007.
14.
Digunakan untuk mengaktifkan menu Insert.
15. Digunakan untuk mengaktifkan menu Design.
16. Digunakan untuk mengaktifkan menu
Animations.
17. Digunakan untuk mengaktifkan menu Slide
Show.
18. Digunakan untuk mengaktifkan menu Review.
19. Digunakan untuk mengaktifkan menu View.
1. Digunakan untuk menjalankan perintah Save untuk
menyimpan file.
2. Digunakan untuk menjalanka perintah Undo.
3. Digunakan untuk menjalankaperintah Redo.
4. Digunakan untuk membuat file atau project baru.
5. Digunakan untuk membuka file atau project yang
sudah pernah dibuat sebelumnya.
6. Digunakan untuk menyimpan file atau project
yang aktif.
7. Digunakan untuk menyimpan file dengan nama
lain.
8. Digunakan untuk menampilkan kotak dialog Print
(untuk mencetak).
9. Digunakan untuk menampilkan pilihan Prepare
Data , seperti pilihan Properti, Encrypt Document, dan sebagainya.
10. Digunakan untuk mengirimkan objek yang telah
dibuat langsung melalui email.
11. Digunakan untuk melakukan publish presentation
ke bentuk yang lain.
12. Digunakan untuk mem-pub;ish data
13. Digunakan menutup laman microsft power point
Fungsi
control yang sering digunakan dalam Microsoft Power Point
CTRL+N : New Microsoft PowerPoint
database,yaitu digunakan untuk membuat file presentation baru.
CTRL+O : Open Existing PowerPoint Presentation,
untuk membuka file yang sudah ada.
ALT+F4 : Exit Microsoft PowerPoint, untuk
keluar dari MS PowerPoint.
CTRL+P : Print current object, untuk
mencetakobjek yang sedang aktif atau sedang dipilih.
CTRL+S atau SHIFT+F12: Digunakan untuk
menyimpan File Microsoft Access database.
F12 : Digunakan untuk mengaktifkan kotak dialog
Save Asuntuk menyimpan file dengan nama yang lain.
CTRL+F :Digunakan untuk membuka Tab Find pada kotak “Find and Replace” ketika
MicrosoftPowerPoint sedang membukaPresentation atau Form view.
CTRL+H : Digunakan untuk membuka Tab Replace
pada kotak dialog “Find and Replace” ketikaPowerPoint sedang membukaPesentation
atau Form view.
Alt+G+S : Digunakan untuk mengatur page setup
atau halaman presentation.
Alt+G+H : Digunakan untuk memilih tema yang akan
digunakan untuk halaman presentation.
F5 : Berfungsi untuk menjalankan presentation
dari awal.
Esc : Berfungsi untuk menghentikan presentation
Membuat
Presentasi dengan Microsoft Power Point
Untuk memulai PowerPoint, langkah yang
diperlukan adalah :
1. Jalankan MS Windows
2. Klik Start button, kemudian klik Program
3. Dalam menu Program, klik Microsoft
PowerPoint
5. Dari kotak dialog pada , tentukan jenis
Slide presentasi yang ingin dibuat
6. Klik OK
Untuk keluar dari PowerPoint, caranya adalah :
1. Klik menu File pada halaman utama PowerPoint
2. Pilih menu Exit
Open, Create, Save, Close presentasi
Open Presentasi
Bila Anda ingin membuka file presentasi yang
telah ada sebelumnya, caranya :
1.
Dari Windows,
klik Start
2.
Klik Program,
lalu cari Microsoft PowerPoint (Klik)
3.
Setelah itu
muncul kotak dialog, klik Cancel
4.
Pada halaman
aplikasi PowerPoint, klik menu File, lalu klik Open
5.
Kemudian muncul
kotak dialog berikut :
Create Presentasi
Halaman aplikasi PowerPoint mempunyai beberapa
tipe yang defaultnya adalah Normal view. Berikut ini adalah gambar aplikasi
PowerPoint dengan Normal view.
Langkah yang dilakukan untuk membuat slide
presentasi :
·
Pada halaman
baru dari PowerPoint, pilih tipe halaman slide yang hendak dipakai
·
Klik pada
tempat yang Anda inginkan untuk menulis materi presentasi
·
Untuk menambah
slide baru berikutnya, pilih Menu Insert, kemudian klik New Slide.
·
Proses 1 akan
terulang lagi, dstnya.
Save Presentasi
Slide presentasi yang telah selesai dibuat,
dapat disimpan ke suatu file dengan cara :
·
Klik menu File,
kemudian klik Save As
·
Muncul kotak
dialog seperti berikut :
·
Tentukan nama
file yang akan disimpan beserta lokasi file tersebut
·
Klik OK.
Close Presentasi
Untuk keluar dari halaman aplikasi PowerPoint,
langkahnya :
· Pilih menu File
· Klik tombol
Exit
Menggunakan
Template Presentasi
Untuk membantu Anda dalam membuat slide
presentasi, Microsoft PowerPoint menyediakan Template Presentasi yang merupakan
rancangan susunan halaman slide beserta background nya. Untuk menggunakannya
Anda dapat menggunakan cara :
·
Mula-mula
aktifkan MS. Windows
·
Klik Start
button, lalu klik Program, lalu MS. PowerPoint
·
Ketika masuk ke
halaman aplikasi PowerPoint, akan muncul Kotak Dialog
·
Untuk
menggunakan Template Presentasi, Pilih Design Template
·
Klik OK,
kemudian akan muncul macam-macam Template yang dapat Anda gunakan Pilih satu
template yang sesuai dengan presentasi Anda, kemudian Klik OK
·
Selanjutnya
muncul kotak dialog Pilih Kerangka Halaman Slide lalu pilih, Klik OK.
·
Slide Anda
muncul dengan memakai template yang telah Anda pilih
Inserting
(picture, table, object)
Bila Anda butuh menyisipkan gambar, table,
ataupun objek dalam slide presentasi, Anda dapat melakukannya dengan cara :
1. Pilih menu Insert
2. Pilih jenis yang mau Anda sisipkan (Picture,
Table, Object)
· Insert Picture
selanjutnya akan meminta Anda memilih gambar yang akan disispkan
· Insert Table
akan meminta Anda menentukan ukuran table
· Insert Objek
akan meminta Anda mendefinisikan objek yang akan Anda sisipkan
Membuat
Animasi Presentasi
PowerPoint juga menyediakan fasilitas yang
dapat membantu Anda membuat slide presentasi menjadi lebih hidup, dengan cara
memberikan animasi pada presentasi. Caranya adalah :
· Anda harus
berada di Slide yang hendak Anda beri animasi
· Klik menu Slide
Show
· Pilih Custom
Animation, kemudian keluar kotak dialo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar